Dilan : Dia adalah Dilanku tahun 1990

Hai temen-temen semuanya. Hari ini aku bakalan review novel yang paling diminati yaitu “DILAN 1990”. Novel yang ditulis oleh Pidi Baiq ini menjadi novel terlaris di tahun 2017. Dan sampai akhirnya novel ini diangkat menjadi film ditahun 2018 dan menjadi film terlaris nomer 1. Novel DILAN ini memiliki 2 seri, yang pertama berjudul “DILAN 1990” dan yang kedua berjudul “DILAN 1991”. DILAN 1990 ini terbit ditahun 2015, walaupun sudah bertahun-tahun tetapi novel ini masih saja menjadi novel terlaris.

Novel yang lebih dikenal dengan DILAN 1990 ini merupakan novel dengan genre romantis yang membuat banyak orang terhibur dengan tingkah lucu Dilan. Dilan adalah anak kelas 2 IPS 1 yang terkenal karena dia anak yang suka melanggar aturan, nyeleneh, jahil dan dia merupakan panglima tempur geng motor. Sama seperti judulnya, novel ini berkisah pada tahun 1990 dengan sudut pandang orang pertama yaitu Milea. Siapakah Milea? Milea adalah wanita cantik asal Jakarta yang pindah ke Bandung dan Milea merupakan wanita yang sangat berpengaruh dalam hidup Dilan.

Di novel ini, sebelum masuk ke cerita nostalgianya bersama Dilan, Milea mengatakan bahwa ia sedang merindukan seseorang. Selanjutnya, Milea menceritakan bagaimana Dilan dengan motornya mencoba meramal bahwa ia dan Dilan akan bertemu di Kantin. Mulai dari situlah Milea merasakan ada yang berbeda dari sosok Dilan. Bahkan Milea juga merasa ada keunikan dari perlakuan Dilan dibandingkan laki-laki lain. Novel yang bergenre romantis ini, Dilan malah tidak memperlakukan Milea dengan romantis. Tetapi justru dengan caranya sendiri, Dilan bisa membuat Milea sangat senang. Sampai-sampai Beni pacar Milea pun kalah dibuatnya.

Dengan perilaku Dilan yang nyeleneh ini malah membuat Milea selalu merindukan Dilan. Semua hubungan tidak akan ada yang mulus-mulus saja, pasti ada permasalahan seperti yang dialami Dilan dan Milea. Banyak rintangan yang harus dilewati salah satunya masalah mereka dengan Beni pacar Milea. Walaupun begitu, Dilan selalu bisa membuat Milea percaya bahwa hubungan mereka akan baik-baik saja.

Permasalahan apa lagi yang akan menimpa hubungan mereka? Bagaimana cara mereka mengatasi permasalahan-permasalahan itu? Kisah selanjutnya bisa kalian baca novelnya, kalo aku perpanjang review takutnya malah jadi spoiler. Oke temen-temen, sampai di sini dulu review kali ini. Tunggu review-review selanjutnya yaa….

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *