Yuk yang Kepo sama Sejarah Buku itu Gimana

            kalian pernah kepikiran gak sih asal mulanya sebuah buku itu ? awalnya dari daun atau dari apa. Pasti semuanya sudah tahu bahwa buku itu merupakan jendela dunia maka dari itu jangan malas membaca ya guys. . dan di zaman sekarang sudah banyak sekali e-book yang bisa di akses di mana saja dan tidak perlu membawa beban yang berat tetapi kalau di suruh milih kalian pilih yang e-book atau buku fisik guys? Jawab di komentar bawah ini ya. Di kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang sejarahnya bagimana buku itu bisa terbentuk hingga sampai saat ini. Yuk cari tahu. .

Dari pengertiannya buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi  tulisan,gambar atau tempelan. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman menurut wikipedia. Terus gimana sih asal mulanya buku itu sendiri. 

Sejarah :

1. Ada banyak sumber yang mengatakan bahwa awalnya buku itu berasal dari Mesir di tahun 2400 SM. Di mana orang Mesir dapat menciptakan kertas papirus pertama kali di dunia. Tulisan-tulisan itu kemudian di tulis di kertas papirus tersebut dan kemudian digulung untuk di jadikan sebuah buku.nah gulungan inilah yang merupakan buku pertama di dunia.

2. Di Kamboja sendiri buku sudah ada sejak zaman Sang Budha karena Sang Budha menuliskan wahyunya di daun dan di baca berulang-ulang. Selama berabad-abad kemudian para cendekiawan di Tiongkok mulai menuliskan ilmunya menggunakan lidi yang dikaitkan menjadi satu. Hal ini yang membuat Cina mempunyai gaya penulisan yang vertical (dari atas ke bawah). Dan buku yang terbuat dari kertas pertama kali dibuat di negara China setelah bangsa Cina berhasil membuat kertas dari baha dasar bambu pada tahun 200 SM yang di temukan oleh Tsai Lun. Berkat kertas itu banyak membawa perubahan terhadap dunia.  Hal inilah yang membuat pedagang muslim membawa teknologi ini yang awalnya berasal dari Tiongkok ke Eropa di abad ke-11 dan teknologi untuk pembuatan kertas semakin maju dengan diciptakannya mesin cetak oleh Johan Gutenberg  dan kemajuan serta pengedaran buku banyak mengalami revolusi.

Jenis-jenis buku :

  • Ensiklopedia
  • Kitab suci
  • Komik
  • Kamus
  • Majalah

Nah mungkin itu sedikit cerita tentang sejarah buku di masa lalu yang sangat bermanfaat di saat-saat sekarang atau bagi para kutu buku di era sekarang ini. Sebenarnya buku sudah sangat tersisih atau bisa di bilang di anak tirikan di era digital ini.Banyak yang sudah meninggalkan buku fisik dan sekarang di era digital pada beralih ke e-book yang lebih ringan,tidak memerlukan biaya yang banyk untuk mendapatkannya, dan yang pasti memnfaatkan teknologi yang super canggih ini. sekian dari saya, jangan lelah untuk membaca karena jendela dunia berawal dari tulisan-tulisan yang ada di buku.

salam literasi.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *