Teknik Podomoro untuk membaca

Teknik PODOMORO untuk membaca lebih fokus

Mungkin kalian sering merasa tidak focus saat membaca atau pun mengerjakan sesuatu. Tidak fokus ini tentu menggangu jika terus menerus terjadi  karena bisa mengacaukan berbagai rencana kalian, membaca tidak sasuai dengan target, pekerjaan menambah menumpuk karena tidak diselesaikan, cukup menyebalkan bukan?

Untuk melakuakan segala sesuatu dengan efektif dan efisien tentu kita harus bisa fokus , tapi kita sebagai manusia sendiri punya batasan dalam memahami, jadi sangat lah perlu untuk memanagement waktu agar kita bisa lebih fokus lagi, untuk melakukan manajement waktu agar bisa lebih efektif dan efisien kita bisa memanfaatkan teknik PODOMORO.

Teknik PODOMORO adalah teknik memanajemen waktu yang mengharuskan kita untuk bisa lebih fokus pada renggang  waktu tertentu. Dengan menggunakan teknik ini  membuat tingkat stress kita berkurang karena kita mengerjakan sesuatu dengan waktu yang singkat dan diselingi oleh istirahat.

Bagaimana Langkah untuk memulai Teknik PODOMORO saat membaca?

1. Siapkah hal hal yang akan kalian akan lakukan

Untuk kamu yang akan menggunkan Teknik Podomoro saat membaca, bisa mempersiapkan buku mu, juga perhatikan dulu hal yang mungkin akan menggangu agar konsentrasimu tidak terganggu saat membaca.

2. Set Timer

Teknik PODOMORO menggunkan set waktu 25-5-25-5 yaitu 25 menit untuk melakukan aktifitas secara fokus pada hal yang kita kerjakan, dan 5 menit untuk melakukan istirahat.

3.Melakukan kegiatan dengan fokus dalam 25 menit

Setelah set timer tinggalkan hal hal yang mungkin akan menganggu mu, jika kamu merasa notifikasi handphone menggangumu kamu bisa meninggalkan handphonemu dulu dalam 25 menit, agar kamu bisa lebih fokus lagi dalam membaca buku.

4.Berhenti Melkukan kegiatan saat timer berbunyi

Kriiinggg… saat bell mu berbunyi stop aktifitas membaca mu, istirahatlah dahulu selama 5 menit, pada saat ini kamu bisa pergi ke kamar kecil dahulu, merenggangkan badan agar tidak lelah, atau minum terlebih dahulu.

5.Ulangi interval 25-5 selama 4 kali

Setelah 4 kali fokus dan 4 kali istirahat 5 menit, kamu membutuhkan istirahat lebih pajang lagi agar tidak merasa jenuh dan fokus dalam belajar, jadi setelah itu kamu bisa beristirahat selama 30 menit.

Jika kamu terbiasa dengan teknik ini, lama kelamaan kamu akan terbiasa fokus dengan sendirinya tanpa menggunakan timer, kamu pun bisa mengatur set waktumu sendiri tidak mesti 25-5. Karena kembali pada tujuan dari teknik PODOMORO ini hanya membatu mu dalam mengolah fokus mu.

About the author

"Menyukai tantangan dan sangat suka mempelajari hal baru."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *