Membaca Buku Fisik atau Buku Digital?

 

Membaca buku merupakan hobi yang sagatlah bermanfaat, dengan membaca kita dapat menambah pengetahuan dan tentu dapat melatih pikiran untuk  berpikir lebih kreatif saat memahami alur cerita yang dibaca. Bahkan dengan membaca kita dapat mencegah penyakit Alzheimer atau kehilangan memori pada usia dini.

Seiring perkembangan zaman mulai muncul media baru yang memungkin kita untuk membaca secara lebih mudah, seperti buku digital (e-book). Perkembangan buku digital sangat pesat seiring dengan kemudahan dan keefektifan yang ditawarkan, dengan buku digital kita tidak perlu lagi membawa banyak buku fisik yang kadang cukup berat dan merepotkan, hanya dalam satu perangkat kita dapat mengakses banyak buku, jauh lebih murah dan ramah lingkungan bukan?

Tapi walaupun begitu ternyata buku dalam bentuk fisik masih tidak tergantikan oleh buku digital, tentu karena pada karakteristik kedua buku ini memiliki kelemahan dan keunggulannya sendiri. 

Membaca buku digital membuat mata lelah

Ini merupakan salah satu alasan mengapa buku fisik masih tak tergantikan, pembaca buku digital merasa lebih cepat merasa lelah ketika membaca dikarenakan ketika kita melihat ke layar dalam jangka waktu yang lebih lama mata akan menjadi tegang, faktanya kita bisa berkedip 15 kali dalam satu menit, akan tetapi saat kita terlalu fokus pada layar kedipan mata bisa berkurang bahkan sampai tiga kali lipatnya, ini yang membuat mata lelah karena mata harus terus fokus tanpa berkedip.

Buku fisik lebih mudah diingat

image: Freestock.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh West Chesther University, siswa yang membaca di ipad memiliki pemahaman yang lebih rendah dibandingkan dengan yang membaca buku dalam bentuk fisik. Saat membaca buku digital kadang kita lebih sering melompati teks yang dibaca, serta dibuku fisik kita bisa memberi penanda seperti coretan atau pun melipat buku sehingga kita lebih mudah mengingatnya.

Hal ini yang sering dijadikan pertimbangan ketika akan memilih antara buku digital atau buku fisik, tentu setiap orang memiliki pendapatnya masing masing untuk memilih diantara dua jenis buku ini. Kalau kalian suka yang mana? Buku fisik atau buku digital?

About the author

"Menyukai tantangan dan sangat suka mempelajari hal baru."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *